Sabtu, 22 Agustus 2015

Menentukan dan Memahami Target Market untuk Bisnis MLM

Untuk keberhasilan Anda dalam mendapatkan orang baru untuk tim bisnis mlm Anda, Anda perlu menentukan terlebih dahulu target market yang akan menjadi fokus pengembangan bisnis mlm Anda.

Dalam rahasia mendatangkan prospek kepada Anda pernah dibahas, yaitu pada bagian Metode sponsoring 3. Pada kesempatan kali ini yang akan kita bahas adalah bagaimana menentukan dan memahami target market Anda untuk bisnis MLM Anda.


Anggapan kebanyakan networker adalah setiap orang adalah prospek, tidak peduli siapapun setiap orang diberikan penawaran bisnis atau produk. Kenyataannya yang terjadi adalah tidak semua orang akan bisa menjadi tim bisnis Anda atau membeli produk Anda, yang kebanyakan didapatkan adalah hubungan yang kurang baik setelahnya. Anda paham maksud saya?

Jadi, tidak benar juga bahwa setiap orang adalah sama, yaitu mempunyai potensi untuk diberikan peluang bisnis atau produk Anda. Tidak semua orang! Dari pada menghabiskan waktu untuk memberikan penawaran bisnis kepada setiap orang, alangkah lebih baiknya jika Anda terlebih dahulu menentukan dan memahami target market untuk bisnis MLM Anda.

Mungkin Anda sering mendengar ungkapan, “Anda tidak bisa menjual rendang kepada vegetarian” … Artinya tidak peduli seberapa hebat presentasi Anda, peluang bisnis MLM Anda, atau produk Anda jika Anda menawarkan kepada seseorang yang memang tidak mempunyai keinginan untuk mengkonsumsinya, menerimanya. Sudah jelas-jelas inilah alasan mengapa Anda harus menentukan dan memahami target market Anda, agar tidak lebih banyak membuang waktu Anda. Agar Anda lebih banyak mendapatkan pelanggan baru atau distributor baru dalam bisnis Anda lebih mudah dibandingkan dengan sebelumnya.

Baiklah, aturan yang harus Anda ketahui dalam pemasaran adalah memberikan peluang bisnis kepada orang yang mencarinya, dan kepada orang yang ingin membeli peluang bisnisnya.

Kemudian, ini yang juga perlu Anda ketahui tentang target pasar. Secara pribadi saya hanya akan merekrut orang-orang yang memang telah mempunyai pengalaman dalam industri bisnis MLM ini/ network marketing, atau yang sudah dalam industri bisnis ini. Anda tidak saya sarankan untuk merekrut orang-orang diluar kategori ini,  seperti teman, kerabat, keluarga atau saudara Anda, maksud saya jangan sampai mereka dijadikan target market Anda, sesekali saja jika memang mereka mempunyai rasa ingin tahu yang kuat terhadap bisnis Anda. Ya, Anda bisa menjadikannya sebagai latihan untuk mendapatkan target utama Anda, yaitu orang yang memang sudah berada di industri bisnis network marketing atau mempunyai pengalaman di bisnis ini.

Lalu, bagaimana cara agar Anda bisa mendatangkan target utama Anda sehingga berdatangan kepada Anda atau Anda mengetahui mereka adalah target utama yang Anda cari?

Apa yang saya lakukan adalah tidak memberikan langsung penawaran bisnis kepada setiap orang, saya memberikan beberapa pengetahuan informatif berupa training bisnis MLM, atau mempersilahkan mereka untuk mengisi form yang telah saya sediakan. Nah, mereka inilah yang menjadi fokus perhatian saya, karena sebenarnya orang yang sedang mencari peluang bisnis tidak lebih dari mereka yang siap berada di depan (mengacungkan tangannya), mengisi formulir yang telah saya sediakan dan mengatakan “saya ingin mendapatkan income/ penghasilan tambahan”.

Saya menempatkan diri sebagai seorang pemimpin, yang akan mengantarkan mereka bagaimana langkah demi langkah untuk bekerja di bisnis network marketing/ bisnis MLM ini. Bahkan dari apa yang saya tawarkan kepada mereka tentang produk informatif yang kemungkinan besar mereka membelinya, saya mampu menciptakan penghasilan tambahan sebagai biaya operasional untuk saya bisa mengganti biaya iklan yang telah atau akan dikeluarkan. Apakah ini masuk akal teman?

Nah, mengapa kebanyakan networker gagal adalah karena mereka tidak mampu menentukan dan memahami target market dan mensponsori orang-orang yang TEPAT ke dalam bisnis MLM-nya.

Jadi pada intinya, Anda mencari dan hanya akan menemukan orang-orang yang memang sedang mencari. Anda mengetahui bahwa ini adalah bisnis network (jaringan) yaitu orang-orang. Sehingga jika Anda mengetahui target market (orang) yang tepat untuk bisnis MLM Anda, Anda hanya perlu fokus terhadap mereka yang menjadi prioritas target utama Anda. Sepakat?

Ini adalah yang menjadi salah satu strategi Anda untuk menentukan dan memahami target (sasaran) Anda. Lalu siapakah sebenarnya orang-orang yang termasuk ke dalam target market Anda?
  • Orang-orang yang memang menginginkan kebebasan waktu dan finansial
  • Orang-orang yang ingin segera mengubah kehidupan mereka, dan
  • Orang-orang yang mempunyai usaha terbaik dan keinginan kuat untuk berhasil
Inilah Attraction Marketing (pemasaran daya tarik), attraction (menarik) kelompok orang seperti ini yang menjadi fokus perhatian Anda.

Jadi, inilah yang ingin saya sampaikan pada kesempatan kali ini. Saya harap Anda mendapatkan manfaat dari apa yang telah saya sampaikan.

Tinggalkan komentar terbaik Anda di kolom komentar yang telah saya sediakan, dan ajukan setiap pertanyaan di kolom berikut yang memungkinkan saya bisa menjawabnya dengan segera.

P.S. Jika Anda belum memiliki tim bisnis yang hebat, belum maksimal untuk merekrut ini adalah program yang Harus Anda Dapatkan >>> Attraction Marketing

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Terimakasih Anda telah berkomentar dengan baik dan sopan.
Kami akan segera membalasnya, sukses untuk Anda.
Bustanul Arifin